Selasa, 23 Oktober 2012

Fungsi Manifes dan Fungsi Laten Lembaga Politik Ekonomi

1. Fungsi Manifes
Fungsi manifes ketiga sistem – komunis, fasis dan ekonomi campuran – adalah memelihara ketertiban, mencapai konsensus dan meningkatkan produksi ekonomi semaksimal mungkin. Tidak ada satu pun masyarakat yang telah sepenuhnya berhasil mencapai salah satu fungsi tersebut. Masyarakat totaliter atau masyarakat fasis tampak amat berhasil dalam memelihara ketertiban, setidak-tidaknya untuk sementara waktu, sedang masyarakat yang bersistem ekonomi campuran paling berhasil dalam memberikan kebebasan politik dan mencapai tingkat produksi ekonomi yang lebih tinggi. Pelbagai studi di Amerika menunjukkan bahwa tingkat produktivitas pekerja di Rusia hanya mencapai sekitar seperdua dari tingkat produktivitas pekerja di Amerika Serikat.
2 Fungsi Laten
Analisis terhadap ketiga tipe masyarakat menunjukkan bahwa persamaan dalam hubungannya dengan fungsi laten. Salah satu fungsi laten dari seluruh lembaga ekonomi pemerintahan modern ialah merusak kebudayaan tradisional. Kebiasaan pemilikan hak tanah, kepercayaan agama, organisasi keluarga, tempat pemukiman, dan banyak lagi pola kehidupan sosial yang sudah mapan, mengalami perubahan sebagai akibat perkembangan industri. Mobilitas sosial dirangsang dan salah satu konsekuensinya ialah meningkatkan anomi (kekaburan norma) dan alienasi (rasa keterasingan).
Fungsi laten lainnya ialah mempercepat rusaknya kelestarian lingkungan. Jika langkah-langkah pencegahan yang cermat dan berbiaya mahal tidak ditempuh, maka setiap kenaikan produksi akan mengakibatkan naiknya tingkat kerusakan lingkungan. Dalam hubungan ini, seringkali para kapitalis dipersalahkan dengan alasan mereka tidak rela memikirkan hal lain kecuali keuntungan. Meskipun demikian, masyarakat komunis, yang tidak memiliki pengusaha kapitalis kecuali negara, menghadapi persoalan yang sama. Pada dasarnya, kesulitan yang dihadapi oleh setiap sistem tidak berbeda, yakni pelestarian lingkungan memerlukan biaya.
Penanggulangan polusi juga memerlukan biaya. Perhitungan yang dilakukan baru-baru ini mencatat pengeluaran biaya, sesuai dengan Undang-Undang Kebersihan Udara tahun 1977, sebanyak 17 milyar dollar Amerika; sedang keuntungan uang yang diperoleh adalah 21,4 milyar dollar Amerika, belum termasuk keuntungan dari sudut kesehatan dan pemandangan. Meskipun demikian, perbandingan antara pembiayaan dan keuntungan tidak selalu menyenangkan. Di samping itu, biayanya mungkin harus segera dipikul, sedang keuntungannya mungkin sering tertunda. Tambahan pula, suatu kelompok mungkin harus memikul beban pembiayaan, sementara kelompok lainlah yang menikmati keuntungannya. Baik komunis maupun kapitalis menyadari bahwa tidaklah mudah menerapkan kebijakan penanggulangan polusi.

www.forum-fm.blogspot.com
◄ Newer Post Older Post ►